subhanallah walhamdulillah walaa illaha illallah wallahuakbar

Senin, 20 April 2009

Mekah, Ka'bah, Shafa dan Marwa













Sa'i dari Shafa ke Marwa >>



Berziarah memang tidak termasuk rangkaian ibadah haji. Ziarah merupakan amalan yang bertujuan melihat dari dekat tempat-tempat bersejarah. Di bawah ini adalah beberapa tempat yang biasa dikunjungi para jamaah haji, baik di Mekah maupun di Medinah.

  • MEKAH adalah kota kelahiran Rasulullah SAW. Istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan putranya yang masih balita, Ismail merupakan penghuni pertama lembah gersang dengan bukit-bukit batu di sekelilingnya ini. Menyusul kemudian orang-orang dari Bani Jurhum. Rasulullah memulai dakwahnya di Mekah sebelum akhirnya hijrah ke Madinah pada 622 Masehi

  • Tempat ini juga disebut "rumah Allah" yang merupakan simbol penyembahan pada Sang Maha Pencipta. KA'BAH dibangun oleh Nabi Ibrahim. Ketika Muhammad masih muda, Ka'bah nyaris hancur karena terkena banjir. Masyarakat Quraisy membongkar dan membangunnya kembali. Saat itulah Muhammad dipuji semua kalangan karena berhasil menghindarkan perselisihan antar kabilah yang berebut untuk meletakkan kembali Hajar Aswad pada tempatnya.

  • Dua puncak bukit batu berjarak sekita 700 meter berada di samping Ka'bah. Antara kedua bukit itulah Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim, diyakini berlari bolak balik untuk mencari air bagi Ismail yang sedang kehausan. Kini bukit SHAFA dan MARWA telah menjadi bagian dari Masjidil Haram. Berjalan di antara bukit tersebut [sa'i] merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan jamaah haji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar