subhanallah walhamdulillah walaa illaha illallah wallahuakbar

Senin, 20 April 2009

Gua Hira


  • GUA HIRA [Jabbal Nur]. Sekitar 6 km. di luar kota Mekah, sebelah utara Masjidil Haram, terdapat bukit batu terjal. Di dekat puncaknya, di lereng yang menghadap lembah Mekah, terdapat sebuah gua. Tempat yang tersembunyi dan sepi inilah yang dipilih Nabi Muhammad untuk menyepi. Di gua ini Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya, surat Al-'Alaq ayat 1-5, saat ia berusia 40 tahun. Iqra, ujar malaikat Jibril saat menyampaikan wahyu Allah. Iqra artinya bacalah.

  • GUA TSUR [Jabbal Tsur]. Rasulullah dan Abubakar memilih gua di selatan Mekah ini untuk bersembunyi selama 3 hari. Sebelum kemudian berputar menuju Madinah yang berada di utara Mekah. Kisah persembunyian ini merupakan 1 bagian yang paling dramatis dalam peristiwa Hijrah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar