subhanallah walhamdulillah walaa illaha illallah wallahuakbar

Senin, 20 April 2009

Padang Arafah, Masjid Namirah



  • PADANG ARAFAH. Pada tanggal 9 Dzulhijjah dengan berpakaian ihram seluruh jamaah haji berkumpul dalam tenda-tenda di padang sekitar 12 km di luar Mekah. Peristiwa ini merupakan tiang utama ibadah haji. Di Arafah terdapat Jabbal Rahmah di sebuah bukit yang konon merupakan tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa. Di Arafah pula Rasulullah menyampaikan pesan terakhirnya sebelum wafat dalam khutbah ringkas yang sangat menggugah.

Pada saat nabi Ibrahim malaikat Jibril bertanya,"Adakah engkau mengerti cara hajimu? Aarofta manasikaka?."Naam aroftu" jawab nabi Ibrohim. Tempat mereka bercakap-cakap itu lalu disebut sebagai Padang Arofah yang berasal dari kata aroftu


  • MASJID NAMIRAH. Ini bagian dari Arafah. Pada saat hari haji tiba, 9 Dzulhijjah, Rasulullah dari Mina berhenti di tempat ini. Sekitar waktu Dhuha tersebut beliau beristirahat di tenda merahnya di tempat ini, sampai waktu Dzuhur tiba. Setelah itu Rasulullah baru bergerak ke tengah padang Arafah dekat Jabbal Rahmah. Di tempat tenda Rasul tersebut kini dibangun Masjid Namirah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar